Mengatasi Masalah: Cakupan Kesalahan Pengalihan di Search console

Mengatasi Masalah: Cakupan Kesalahan Pengalihan di Search console

 Lebih dari satu bulan terakhir ini saya mendapatkan masalah yang sangat serius, yaitu tidak dapat meng-indeks url artikel baru di Google Search console.


Penyebab Gagal: kesalahan pengalihan

Untuk masalahnya sendiri dikarenakan Cakupan Kesalahan pengalihan yang menyebabkan url tidak dapat di indeks karena pengambilan halaman Gagal: kesalahan pengalihan saat di-crawl sebagai Smartphone Googlebot.


Oke, sampai sini saya coba pelajari kenapa hal di atas bisa terjadi, dan dari panduan yang diberikan GSC didapatkan keterangan seperti ini:

Error pengalihan: Google mengalami salah satu error pengalihan berikut:

  • Rantai pengalihan yang terlalu panjang
  • Pengalihan balik
  • URL alihan yang pada akhirnya melebihi panjang maksimum URL
  • URL yang buruk atau kosong dalam rantai pengalihan
  • Gunakan alat proses debug web, seperti Lighthouse, untuk mendapatkan detail selengkapnya tentang pengalihan tersebut.

Solusi Gagal: kesalahan pengalihan

Ada beberapa metode yang saya coba untuk menyelesaikan masalah ini:
  1. Mengecek halaman yang di indeks secara langsung menggunakan Ponsel maupun Desktop
  2. Mengubah url sependek dan se-readable mungkin
  3. Mencopot beberapa javascript, seperti javascript iklan dan widget
  4. Mengganti ke theme lain
  5. Mengubah ke theme default

Langkah ini saya lakukan secara bertahap dan perlahan hingga sebulan lebih lamanya, dikarenakan laporan hasil dari validasi GSC sendiri bisa memakan waktu 5-7 hari.

Sayangnya, setiap langkah yang saya lakukan di atas tak membuahkan hasil apapun dan hasilnya tetap error.

Setelah itu saya coba cari-cari info di forum dan beberapa orang telah mengalami hal serupa sejak akhir 2021 lalu. Bisa dikatakan masalah disebabkan oleh server GSC  atau Blogger sendiri, semacam Bug(?)

Terakhir kali saya meng-indeks url artikel baru dengan metode ini ternyata hasilnya lumayan worth it. Metode yang saya lakukan adalah dengan cara memodifikasi url artikel yang di submit. Contohnya url ini https://www.weebsu.com/2022/01/anime-action-dengan-mc-overpower.html diubah menjadi https://www.weebsu.com/2022/01/anime-action-dengan-mc-overpower.html?m=1.

Ya, hanya dengan menambahkan ?m=1 url berhasil di indeks kurang dari 24 jam.


Dan, dari sini kemungkinan besar masalahnya sendiri terdapat pada Blogger-nya sendiri yang mengalami bug atau sejenisnya.

Penutup

Gagal: kesalahan pengalihan pada dasarnya adalah kegagalan bot google untuk merayapi blog kita karena saat sedang merayapi url yang dikirim malah di alihkan ke url/halaman lain, sehingga url tidak dapat di indeks.

Masalah lainnya bisa jadi karena url yang buruk, maksudnya panjang url yang melebihi batas standar, ya maksimal 35 karakter saja lah.

Begitu lah penyelesaian saya dalam menghadapi masalah ini. Kurang lebihnya bisa Anda koreksi.

Terimakasih sudah membaca!

 

1 comment

  1. Save dulu gan. Soalnya juga ada kesalahan sama di url ku di blog satunya (Hampir 2-3 bulan juga dan lebih) bahkan kemarin kena 1 kini 4 (mungkin bisa nambah). Sementara saya juga pegang dua blog jadi tahu. Blog satunya gk kenapa-napa. Blog yang kena ini juga gitu.

    ReplyDelete

Komentar akan di moderasi dahulu